Kumaha Aing, Kumaha sia!

Angkatan 2010-2013, tapi kurang kumplit

Semilir angin meniup daun nyiur, melambai seakan berkata. Hujan badag, kuota beak. Pusing-pusing kieu mah mendingan mengingat tentang mereka. hahaha. Aisia apal teu ayeuna aing keur naon ? aing keur mengingat masa-masa keur baheula. Masa-masa dimana moal aya deui jalma nu siga maraneh. Nu pikaanyingeun, nu pikagoblogeun. Ah anying pokokna mah menggambarkeun saria mah ciga mikiran pertanyaan klasik antara endog jeung hayam mana nu tiheula. Hese diambarkeun, hese dituliskeun, hese diungkapkeun tapi babari diingat.

Selama aing hirup jeung saria, aing merasakan fantasi yang luar biasa. Ibarat onani, masa-masa dengan kalian adalah masa-masa saat mata merem-melek tiba. Apalagi saat kita nonton Darussalam FC, itu adalah puncak orgasmenya. Dimana kita berteriak dengan bebas seolah menjadi manusia paling merdeka di dunia ini. Kita bergoyang di stadion hingga tak sadarkan diri bahwa kita adalah manusia. Namun, fantasi yang luar biasa adalah saat “cairan”nya ingin keluar, yaitu saat aing harus memilih pilihan yang sulit antara menghadiri pentupan SATAP atau tidak.

Jujur aing ayeuna keur inget dimana si Nuriel gelut jeung aing gara-gara aing can mayar hutang ka manehna. Aing oge inget ketika udud bareng di kamar pengurus bersama si Akbar dan si Luthfi bari lampuna dipoekan. Hehe aing oge mustahil bisa poho ka si Aki yang terus berjuang menegakan Syariat Islam di Indonesia. RCS. Si Orson ? hmm gaya molornya yang selalu ku aing inget mah. Dan kita pasti ingat ketika si Aulia Hilman disebut Bonek gara-gara boga baju Persebaya ngan hihijina. Semoga kalian tidak lupa bahwa Obos pernah membuat puisi nan murahan di bangku kelas.

Aing curiga, maraneh osok nyarita ka baturan nu anyar ayeuna tentang masa lalu kita di pesantren. Nyarita soal sok gigitaran di jero asrama, nyarita tentang paha si Gegep yang penuh luka. Nyarita soal ngaran bapakna si Akbar teh nyaeta Pak Hasanabe, Bapak si Yatna nyaeta Pak Harun. Dan mungkin maraneh nyarita tentang aing dan segala kelakuan buruk aing. Anying omatlah meskipun maraneh apal aib aing, tapi omatlah lamun nyaritakeun tentang kepribadian aing ka baturan maraneh nu anyar rada dialus-aluskeun saeutik. Maenya aing eweh sisi positivena di mata maraneh ? hehe

Meskipun aing keur di pesantren tak sehebat si Akbar dalam menjadi pemimpin, meskipun aing tak sepintar si Aki ketika di kelas, meskipun aing tak semerdu si Mahdy kala menyanyi, meskipun aing tak sesolider si Topek, meskipun aing tak serapih si Agus lamun nyetrika, meskipun aing tak sebageur si Ikmal, meskipun aing tak sepuitis si Obos saat menulis puisi, tapi aing tetap lebih baik daripada si Nuriel yang gawenya hanya udud, aing lebih jago main peesna daripada si Gedeg, aing oge lebih lila sarena daripada si Luthfi dan aing lebih bervariasi gaya molorna daripada si Ucup yang cuman manyun. Semua itu akan menjadi tabungan cerita kelak hahaha

Mungkin suatu saat akan ada sekelompok ayah yang bercerita tentang masa lalunya di Pesantren. Tentang mandi bareng di kamar mandi yang sempit. Tentang dibanjur make panyiuk beulah gara-gara teu kuliah subuh. Tentang ulin ka situ Panjalu. Tentang dibotakan gara-gara nonton Persib ka Bandung. Tentang hape yang dijabel. Tentang bagaimana si Sukhoi dan si Nuriel bisa papundung-pundung gara-gara satu wanita. Semua kegilaan akan lebih banyak diceritakan daripada hal yang normative. Pasti.
Foto di Situ Panjalu tahun 2010

Suatu ketika juga akan ada seorang kakek yang menceritakan kisah hidupnya di Pesantren kepada cucunya. Tentang teman satu perjuangan. Teman satu angkatan. Pasti cucunya akan ketawa ketika ia menceritakan si Gegep pernah mendirikan The Jakmania Ciamis, tentang ngahutang di warung Babeh Sarmed. Tentang nonton bareng di warung mang Arip. Tentang si Seher dan vespanya. Cucunya pun akan takjub ketika ia menceritakan bahwa kita pernah mendirikan organisasi PARBAJ. Mungkin si Cucu akan senang mendengarkan lebih banyak cerita dari kakeknya daripada Ibunya. hahaha

Jika kelak kita semua sudah mati, maka alurang kudu bisa mastikeun bahwa cerita tentang masa-masa indah di Pesantren tetap abadi jangan sampai ikut bersama kita di kuburan. Terutama tentang kisah Cinta si Aki ‘Fadli’ dan si Sobah, tentang kisah cinta segitiga antara Nuriel-Ayuna-Yatna, Tentang misteri asmara antara Tile dan Neng Ela, tentang kekerasan dalam rumah tangga antara si Geyot dan si Nova, tentang cinta-rahasia antara si Hilman dan si Rizki Maidan Hilmy *eh dan tentang cinta Ilham Ibrahim yang takan pernah pudar kepada Yafi Nurfadhlilah Sya’bani. :D

Keun bae maraneh poho kana pelajaran nu aya di pesantren mah, teu nanaon maraneh poho kana ilmu nu aya di sakola, teu paduli maraneh poho kana setiap iyel-iyel Pramuka mah jeung keun bae saria poho Pak Ajiz pernah nyukuran buuk pas upacara mah, Tapi omat pesan ti aing, ulah poho bahwa kita pernah mendirikan Viking Pakot. Kita juga ulah poho bahwa kita pernah maling rambutan di imah Pak Hasan yang diketuai oleh si Azam. Kita juga ulah poho bahwa si Obos Dika pernah neraktir maen futsal dan SARIA HARAM untuk poho ketika aing dihinakan oleh kalian di atas panggung pas acara pentas seni SATAP! OMAT! :’)

Hayang kumpul tapi hese, mungkin kita kumpul di dalam kenangan. Kita kumpul di dalam pikiran. Sebab, berkumpul di dunia nyata keliahatannya hese. Hal inilah yang buat aing sedih. Kita punya ikatan keluarga yang kuat karena telah hidup satu atap selama tiga tahun, namun kini kita hidup di atap yang berbeda sehingga untuk berkumpul pun tidak bisa. Kumpul di dunia asli sepertinya tidak mungkin. Opsi paling mudah adalah kita berkumpul di dalam kenangan, di dalam alam bawah sadar, di dalam alam pikiran. Resiko. Jadi, hanya mengingat masa-masa berkumpul tanpa bisa berkumpul itulah cara kita berkumpul.

Hoream kadangkala lebih besar daripada hasrat ingin kembali berkumpul. Oh Tuhan, kenapa kau menciptakan hoream di dunia ini. Andaikan  tak ada hoream, mungkin kita bisa berkumpul, andaikan tiada hoream, mungkin kita bisa kembali beronani, berfantasi. Tapi Tuhan telah menciptakan hoream di dunia ini. ah anying! Geusan ah, geus panjang teuing nulisna hahha terakhir Anying maaf yah tulisannya terlalu lebay dan terlalu kasar dan terlalu random, tapi intina mah kumaha aing, kumaha sia! 

4 comments: