Membongkar Pokok Pemikiran Thomas Aquinas (1225–1274)

Oleh: Ilham Ibrahim

Filsafat adalah induk ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, filsafat selalu diartikan sebagai seni bertanya dan pernyataan. Misalkan, “who Am I ?” dari pertanyaan ini munculah suatu disiplin ilmu antropologi dan psikologi. Selain berupa pertanyaan, filsafat juga selalu bermula dari sebuah pernyataan. Seperti halnya ungkapan yang paling terkenal dari Socrates “Sesungguhnya aku tau, kalau aku itu tidak tau.” Dari pernyataan ini warga Athena langsung mempunyai ‘ghirah’ untuk menggunakan akalnya dan mulai membuang perbudakan akal. Bagi warga Athena, lebih baik akal tetap berjalan daripada akal harus berhenti karena doktrin dari para Dewa.

Oleh karena itu, menurut Louis O. Kattsoff “perbudakan akal jauh lebih menyedihkan daripada perbudakan raga. Apabila seseorang diperbudak secara ragawi, setidak-tidaknya tubuhnya akan mendapatkan perawatan sedemikian rupa sehingga mampu bekerja. Jika seseorang diperbudak secara akali, maka apapun akan dilakukan untuk menjadikan akal pikirannya haus sehingga akal pikiran tersebut tidak lagi bekerja.”[1] Kisah seperti sama halnya dengan kisah para filosof Eropa di bawah kekuasaan gereja di abad pertengahan. Kebebasan untuk berfilsafat adalah menggunakan akal secara bebas memang harus dibatasi oleh pihak gereja. Bagaimana tidak, andaikata gereja terus memperbolehkan semua orang untuk menggunakan akal secara bebas, maka teologi Kristen yang irrasional dengan konsep trintasnya, lambut laun akan hilang ditelan para filosof.

Namun, semuanya berubah saat Thomas Aquinas lahir di bumi Italia. Prestasi yang paling gemilang darinya adalah berhasil mengawinkan antara akal dengan doktrin Kristen. Menurut Jostein Gaarder dalam novel filsafatnya yang berjudul Dunia Sophie, menyatakan bahwa “Thomas Aquinas adalah filosof terbesar dan paling penting di abad pertengahan karena berhasil ‘mengkristenkan’ Aristoteles seperti halnya St. Agustin ‘mengkristenkan’ Plato di awal abad pertengahan.”[2] Thomas Aquinas adalah filosof sekaligus teolog yang tangguh. Beliau memberikan pencerahan tentang etika, teologi, dan epistemologi yang nanti akan dijelaskan secara rinci.

Biografi Thomas Aquinas[3]


Thomas Aquinas on fraternal correction 
Thomas Aquinas lahir pada tahun 1225 di Italia. Ia adalah seorang filsuf dan ahli teologi ternama dari Italia. Ia menjadi terkenal karena dapat membuat sintesis dari filsafat Aristoteles dan ajaran gereja Kristen. Ia juga dikenal sebagai ahli teologi utama Kristen, bahkan dianggap orang suci oleh Gereja Katolik dan memiliki gelar Santo. Ayah Aquinas adalah Pangeran Landulf dari Aquino, seorang peganut Kristen Katolik yang shaleh. Itulah sebabnya, pada umur lima tahun, Aquinas diserahkan ke biara Benedictus di Monte Cassino, Aquinas dipindahkan ke Naples untuk menyelesaikan pendidikan bahasanya.

Selama di Naples, Aquinas mulai tertarik pada pekerjaan kerasulan gereja dan berusaha pindah ke Ordo Dominikan. Ketika itu, ordo ini hanya sebuah ordo keagamaan Katolik Roma, akan tetapi ketika abad pertengahan, Ordo Dominikan memang sangat berperan penting dalam pembentukan doktrin Kristen, itulah alasan utama mengapa Aquinas ingin pindah kesana.  Namun sayangnya, keinginan Aquinas tidak mendapatkan restu dari orang tuanya, sehingga ia harus tinggal di Roccaseca selama lebih dari setahun. 

Karena tekad Aquinas begitu bulat, akhirnya orang tua Aquinas menyerah kepada keinginannya dan pada tahun 1245, Aquinas resmi menjadi anggota Ordo Dominikan. Sebagai anggota Ordo Dominikan, Thomas Aquinas belajar ke Universitas Paris, sebuah universitas yang sangat terkemuka ketika itu. Ia belajar disana selama tiga tahun dan disana pula ia berkenalan dengan Albertus Magnus, sosok sentral yang telah memperkenalkan filsafat Aristoteles kepadanya. 

Aquinas pernah menemani Albertus Magnus ketika memberikan kuliah di Stadium Generale di Cologne, Prancis pada tahun 1248-1252 M. Dalam kuliahnya, Albertus Magnus mengajarkan bahwa Allah sebagai “ada yang tak terbatas” (ipsum esse subsitens). Allah adalah Dzat yang tertinggi yakni Dzat yang mempunyai keadaan yang paling tinggi. Dan, Allah adalah penggerak yang tidak bergerak yang merupakan jalan satu-satuya keselamatan.

Oleh karena itulah, gereja dipandang Aquinas sebagai lembaga keselamatan yang tidak dapat berbuat salah dalam ajarannya. Paus memiliki kuasa yang tertinggi dalam gereja dan Pauslah satu-satunya pengajar yang tertinggi dalam gereja. Thomas Aquinas adalah filsuf dan teolog yang sangat penting bagi gereja. Namanya terus dikenang hingga kini sebagai seorang filsuf dan teolog yang canggih. Pada tanggal 7 Maret 1274  di Fossanova, Italia, Thomas Aquinas menghembuskan nafas terkahirnya.

Pokok Pemikiran Thomas Aquinas

Pemikiran Thomas Aquinas yang terpengaruh oleh filsafatnya Aristoteles sangat Nampak jelas. Namun, pengaruh Islam di Spanyol sangat terasa di sepanjang abad pertengahan. Para filosof Muslim telah lama mempelajari dan menerjemakan karya-karya Aristoteles. Bahkan, tidak sedikit pengamat memandang bahwa Thomas Aquinas selalu disejajarkan dengan al Ghazali. 

Menurut Margaret Smith dalam bukunya yang berjudul Al-Ghazali The Mystic yang diterbitkan di Loheren, Pakistan pada tahun 1983, menyatakan bahwa: “The greatest of these Christian writers who was influenced by Al-Ghazali was St. Thomas Aquinas (1225–1274), who made a study of the Arabic writers and admitted his indebtedness to them. He studied at the University of Naples where the influence of Arab literature and culture was predominant at the time.”[4]

Selain itu, menurut Hamid Fahmy Zarkasyi dalam bukunya yang berjudul Misykat: Refleksi Tentang Westerenisasi, Liberalisasi dan Islam menyebutkan bahwa Thomas Aquinas menjadi “santri” setia Ibnu Sina dalam bidang mantiq.[5] Lebih lanjut lagi, karena pengaruh pemikiran al Ghazali yang begitu kuat dalam pandangan Thomas Aquinas, ia ikut ‘membela’ al Ghazali dan mengkritik balik Ibnu Rusyd dalam bukunya yang berjudul De Unitate Intellectur: Contra Averroistas atau dalam bahasa Indonesianya Kesatuan Intelek: Kritik Terhadap Ibnu Rusyd.[6]

Akan tetapi, menurut Bertrand Russell “Saya mesti mengatakan bahwa De Anima[7] lebih memperlihatkan pandangan Averroes daripada Aquinas; namun demikian, pihak Gereja, sejak Thomas, menganggap sebaliknya.”[8] Artinya, Bertrand Russel menilai bahwa kemampuan Thomas Aquinas tidak lebih baik dari filsuf muslim Ibnu Rusyd.

Meskipun tidak lebih baik dari Ibnu Rusyd, pemikiran Thomas Aquinas sangat berpengaruh besar di zaman Skolastik terutama dengan gagasan utamanya yaitu mengawinkan antara akal dan iman, agama dan filsafat. Pokok-pokok pemikiran Thomas Aquinas telah dibahas secara rinci dan sistematis oleh Ahmad Tafsir dalam bukunya yang diberi judul Filsafat Umum: Akal dan Hati Sejak Thales sampai Capra, ia membagi pemikiran Thomas Aquinas kedalam beberapa bagian, namun penulis membatasinya menjadi tiga pokok pemikirannya sebagai seorang filosof dan teolog, diantaranya:

Pemikiran Thomas Aquinas dalam Teologi

Ahli teologi selalu menganggap bahwa eksistensi Tuhan tidak bisa diketahui oleh akal dan hanya dapat diketahui oleh iman. Namun, menurut Aquinas, eksistensi Tuhan dapat diketahui oleh akal. Ia mengajukan lima dalil atau argumen untuk menunjukan eksistensi Tuhan dengan akal, diantaranya:[9]

Pertama, diangkat dari sifat alam yang selalu bergerak. Setiap yang bergerak pasti digerakan oleh yang lain sebab tidak mungkin suatu perubahan dari potensialitas bergerak ke aktualitas bergerak tanpa ada penyebabnya dan penyebabnya itu tidak mungkin ada pada dirinya sendiri. Dengan kata lain, tidak mungkin sesuatu bergerak dengan sendirinya. Oleh karena itu, menurut Thomas Aquinas, karena alam ini bergerak, maka pastilah ada Penggerak Pertama, yaitu Penggerak Yang tidak digerakan oleh yang lain. Itulah Tuhan.

Kedua, Disebut sebab yang mencukupi. Didalam dunia inderawi kita saksikan adanya sebab yang mencukupi. Dalam kenyataannya yang ada ialah rangkaian sebab dan musabab. Seluruh sebab berurutan dengan teratur: penyebab pertama menghasilkan musabab, musabab ini menjadi penyebab yang kedua yang menghasilkan musabab kedua, dan begitu seterusnya sehingga terjadi rangkaian penyebab. Itu berarti jika membuang sebab sama dengan membuang musabab. Artinya, bila ada Sebab Pertama, tentu tidak akan ada rangkaian sebab. Dan pada akhirnya Thomas Aquinas menyimpulkan bahwa yang menjadi Sebab Pertama adalah Tuhan. 

Ketiga, argumen kemungkinan dan keharusan. Alam semesta ini bermula dari tidak ada menjadi ada. Jika alam ini ada, maka haruslah mengadakan Ada Pertama. Artinya, Ada Pertama itu harus ada karena adanya alam semesta ini. Akan tetapi, ada yang harus ada itu darimana ? terjadi rangkaian penyebab. Thomas Aquinas beranggapan bahwa kita harus berhenti pada Penyebab yang harus ada. Itulah Tuhan.

Keempat, memperhatikan tingkatan yang terdapat pada alam ini. Isi alam ini berkekurangan dan berkelebihan. Misalnya dalam hal keindahan, kebaikan dan kebenaran. Ada yang indah, ada yang paling indah dan ada pula yang terindah. Tingkatan tertinggi menjadi sebab tingkatan dibawahnya. Artinya, Tuhan itu Yang Maha Sempurna, Yang Maha Benar adalah sebab bagi sempurna dan benar pada tingkatan di bawah-Nya. Karena itu, harus ada tingkatan yang tertinggi, dan Thomas Aquinas berpendapat bahwa tingkatan tertinggi ialah Tuhan.  

Kelima, berdasarkan keteratuan alam. Keteraturan alam adalah tujuan dari alam diciptakan. Alam tidak mempunyai akal namun benda-benda yang ada di dalam alam semesta ini diatur oleh sesuatu dalam bertindak mencapai tujuannya. Sesuatu yang tidak berakal tidak mungkin mencapai sebuah tujuan. Namun, nyatanya alam mencapai tujuan itu. Adalah mustahil jika tidak ada yang mengarahkan untuk alam ini. Yang mengarahkan itu pasti mempunyai akal dan mengetahui. Yang mengarahkan alam semesta dan isinya ini harus ada. Haruslah berakal dan berpengetahuan pula. Thomas Aquinas menganggap bahwa yang mengarahkan alam untuk mencapai tujuannya—keteraturan alam— ialah Tuhan.

Demikianlah lima dalil tentang eksistensi Tuhan menurut Thomas Aquinas. Argument ini menurut Ahmad Tafsir sangat terkenal di Abad Pertengahan dan bisa dilihat dalam karya klasik Thomas Aquinas yang berjudul Summa Teologica.

Teori Pengetahuan Thomas Aquinas

Dalam seluruh teorinya tentang pengetahuan, Thomas Aquinas konsisten dengan pandangannya bahwa akal dan iman itu tidak bertentangan. Baginya, filsafat ditentukan oleh penjelasan sistematis akliyah, sedangakan agama ditentukan oleh keimanan. Dengan demikian, pengetahuan sebenarnya adalah gabungan dari kedua-duanya.

Ahmad Tafsir menyebut bahwa Thomas Aquinas selalu mengajarkan untuk menyeimbangkan akal dan iman; akal membantu membangun dasar-dasar filsafat Kristen. Akan tetapi, harus selalu disadari bahwa hal itu tidak selalu dapat dilakukan karena akal terbatas. Akal tidak dapat memberikan penjelasan tentang kehidupan kembali dan penebusan dosa. Akal tidak akan mampu membuktikan kenyataan esensial tentang keimanan Kristen. Oleh karena itu, ia berpendapat bahwa dogma-dogma Kristen tetap sebagaimana yang disebutkan dalam firman-firman Tuhan.[10]

Dengan demikian, pengetahuan dalam filsafat Thomas Aquinas mempunyai dua jalur. Jalur itu ialah jalur akal yang dimulai dari manusia dan berakhir pada Tuhan, lalu yang kedua ialah jalur iman yang dimulai dari Tuhan, didukung oleh akal.

Etika dalam Pandangan Thomas Aquinas

Nilai etika yang tertinggi pada etika Aquinas adalah Kebaikan Tertinggi.[11] Pandangan etika Aquinas menekankan superioritas kebaikan keagamaan. Karenanya ia banyak membahas persoalan keimanan. Ia sangat toleran terhadap orang-orang yang tidak beriman dan bekerja sama dengan mereka, tetapi terang-terangan menuduh mereka kafir.

Dasar kebaikan secara universal adalah kemurahan hati yang menurut Aquinas lebih dari sekedar kedemawanan atau belas kasihan. Kemurahan hati itu terdapat di dalam jiwa yang penuh dengan cinta. Cinta kepada Tuhan datang pertama kali, dari situ muncul cinta kepada selain Tuhan. Akan tetapi konsepnya tidak menyeluruh karena tidak mencakup orang kafir.

Menurut Ahmad Tafsir, kehidupan pertapa memainkan peran penting di dalam etikanya. Oleh karena itu, Aquinas setuju kepada st. Augustinus yang mengajarkan bahwa kehidupan membujang lebih baik daripada kawin. Hidup dalam perkawinan itu rendah.[12] Selain itu, Thomas Aquinas berpendapat bahwa perkawinan itu tidak boleh berujung pada perceraian karena perceraian itu berlawanan dengan hukum masyarakat dan menentang Tuhan. Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa monogami adalah watak asli manusia dan ia juga menentang pembatasan kelahiran.

Mengenai free will atau kebebasan berkendak, menurut Ahmad Tafsir, Thomas Aquinas menyatakan bahwa manusia berada pada kedudukan yang berbeda dari Tuhan. Tuhan selalu benar sedangkan manusia kadang salah. Dalam memilih, manusia selalu dipengaruhi oleh materi. Karena itulah, kemauan manusia itu datang dari dalam diri sendiri bukan ditentukan oleh sesuatu yang di luar dirinya. Artinya, jika seseorang memilih salah, maka layaklah orang itu mendapatkan hukuman.

Kesimpulan

Thomas Aquinas adalah filsuf yang lahir di bumi Italia. Keseluruhan pemikirannya selalu mendorng untuk tidak mempertentangkan antara filsafat dengan agama dan akal dengan iman. Karena menurutnya kedua sama sekali tidak bertentangan. Akal membantu memahami agama dan agama menjadi pembatas dari akal.

Selain itu, dengan akal, Thomas Aquinas dapat membuktikan adanya Tuhan dengan argument yang filosofis-ilmiah. Dari segi epistemologi, ia berpendapat bahwa iman dan akal adalah sumber dari pengetahun dan dalam segi etika, manusia berada dalam pengawasan Tuhan, maka barang siapa yang berbuat kesalahan, ia akan dihukum karena kesalahan itu bentuk tidak tunduknya manusia kepada Tuhan.



[1] Louis O. Kattsoff, Pengantar Filsafat, Yogyakarta, Tiara Wacana Yogya, Cetakan IX 2014, h. XXI.
[2] Jostein Gaarder, Dunia Sophie, Bandung, Mizan, Cetakan VIII 2013, h. 282.
[3] Biografi dari Thomas Aquinas ini, penulis mengutip pokok-pokok pentingnya dari salah satu buku. Lihat: Wahyu Murtiningsih, Para Filsuf dari Plato sampai Ibnu Bajah, Yogyakarta, DIVA Press, Cetakan I 2012, h. 68-71.
[4] Margaret Smith, Al-Ghazali The Mystic: A Study of the Life and Personality of Abu Hamid Muhammad al-Tusi al-Ghazali, Lahore, Pakistan, Al-Hijra Publishers, 1983, h. 220.
[5] Hamid Fahmy Zarkasyi, Misykat: Refleksi tentang Westernisasi, Liberalisasi dan Islam, Jakarta, INSIST – MIUMI, Cetakan II 2012, h. 82-83.
[6] Ibid, h. 83.
[7] De Anima adalah sebuah buku yang ditulis oleh Aristoteles, keseluruhannya berisi tentang psikologi. Lihat: Adelbert Snijder, Seluas Segala Kenyataan¸Yogyakarta, Penerbit Kanisius, Cetakan V 2013, h. IX.
[8] Bertrand Russell, Sejarah Filsafat Barat, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, Cetakan III 2007, h. 599-600.
[9] Ahmad Tafsir, Filsafat Umum: Akal dan Hati Sejak Thales sampai Capra, Bandung, Rosda, Cetakan X 2013, h. 98-100.
[10] Ibid, h. 104.
[11] Ibid, h. 105.
[12] Ibid, h. 106.

7 comments:

  1. Izin berbagi artikel ini untuk Templum Scientia ya gan.

    ReplyDelete
  2. Irasional itu ada dalam semua nilai nilai tentang KeTuhanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu. Agar Tuhan tetap menjadi diskursus yang menyenangkan dan membuatnya segar terus :D

      Delete
  3. Mohon bantuan
    Apakah kekuasaan dari rakyat atau tuhan. Pendapat Aristoteles di dukung oleh Thomas Aquinas. Bagaimana Thomas Aquinas mendamaikan pendapat tersebut.
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aquinas ini unik sih, dia menggunakan argumen "gereja" untuk mendukung pandangan politik Aristotelian..

      Delete
  4. Thomas Aquinas dalam bidang ilmu dan pemikiran nya di jabarkan seperti apa saja yang menyangkut filsafat dan ilmu pengetahuan

    ReplyDelete