INILAH SATU FILM YANG HARUS KAMU TONTON SEBELUM MATI!!!!!


Pagi tadi saya memutuskan untuk menghabiskan weekend dengan menonton film. Agar filmnya tidak hanya membawakan kisah menarik, tetapi juga dapat menambah wawasan, saya memilih nonton film A Beautiful Mind yang disutradarai oleh Ron Howard. Saya tahu terlalu telat untuk menonton sebuah film yang telah rilis tahun 2001, tapi tidak mengapa, terserah aing.

A Beautiful Mind menceritakan tentang sosok introvert jenius yang terobsesi dengan matematika bernama John Forbes Nash. Nash adalah mahasiswa doktoral di Princeton University. Dia memiliki otak yang cemerlang, namun sangat tolol dalam interaksi sosial. Nash tidak dapat mengugkapkan perasaan dengan kalimat yang baik, pernah suatu saat dia ditampar oleh sorang wanita di klub karena dengan polosnya mengajak bercinta. Karena sifatnya yang pemalu dan penyendiri, Nash tidak banyak memiliki teman, kecuali teman khayalannya sendiri yang bernama Charles Herman dan Marcee.

Selain memiliki teman khayalan, Nash juga memiliki musuh khayalan yang bernama William Parcher. Begitu seringnya berinteraksi dengan dunia fantasi yang kadang melupakan alam realita, Nash kemudian didaulat menderita penyakit kejiwaan yang disebut dengan skizofrenia. Di hari-hari itu Nash terjebak dalam kebingungan mana dunia fantasi dan mana alam realita. Dia memiliki semacam keyakinan palsu yang terus dipertahankan.

Alhamdulilah, berkat bantuan sang istri Allicia Larde, kejiwaan Nash berangsur pulih sebab dia merasa memiliki orang yang dapat menjadi sandaran ketika dia lemah, serta menghadirkan cinta yang mungkin sebelumnya sulit untuk dia jangkau. Dengan sangat lembut, istrinya mengingatkan untuk tidak selalu merasa tertekan karena akan dapat memicu delusi.

Kejiwaannya berangsur pulih pada 1970. Dia lantas kembali ke bidang akademis, sesuatu yang membuatnya merasakan hidup. Setiap harinya dia habiskan waktu di Princeton University, tak lupa pula Nash terus berusaha mengambil kembali kehidupannya walaupun sosok-sosok khayalannya Charles, Marcee, William Parcher terus hadir membuntutinya di sepanjang kampus. Akhirnya, Nash telah terbiasa mengabaikan dunia fantasinya, kehidupannya pun terus membaik hingga dirinya diangkat menjadi seorang profesor.

Film A Beautiful Mind yang rilis tahun 2001 ini menurut saya top abisss karena menjadikan skizofrenia sebagai tema besar, sehingga bukan hanya menghadirkan kisah yang menarik untuk ditonton tetapi juga memberikan edukasi yang baik untuk publik.

Terakhir, orang pintar minum Tolak Angin.

No comments